Al Qur’an Surah An-Nahl ayat 65-69

 

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Dengan menyebut Asma ALLAH Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang

وَاللّهُ أَنزَلَ مِنَ الۡسَّمَاء مَاء فَأَحۡيَا بِهِ الأَرۡضَ بَعۡدَ مَوۡتِهَا إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوۡمٍ يَسۡمَعُونَ (65)

Dan ALLAH menurunkan hujan dari langit, lalu Dia menghidupkan dengan air hujan itu akan bumi sesudah matinya; sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat satu tanda (yang membuktikan kebijaksanaan ALLAH) bagi kaum yang mendengar (peringatan ini dan memahaminya).

وَإِنَّ لَكُمۡ فِي الأَنۡعَامِ لَعِبۡرَةً نُّسۡقِيكُم مِّمَّا فِي بُطُونِهِ مِن بَيۡنِ فَرۡثٍ وَدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَآئِغًا لِلشَّارِبِينَ (66)

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak itu, kamu beroleh pelajaran yang mendatangkan iktibar. Kami beri minum kepada kamu daripada apa yang terbit dari dalam perutnya, yang lahir dari antara hampas makanan dengan darah; (iaitu) susu yang bersih, yang mudah diminum, lagi sedap rasanya bagi orang-orang yang meminumnya.

وَمِن ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالأَعۡنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنۡهُ سَكَرًا وَرِزۡقًا حَسَنًا إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوۡمٍ يَعۡقِلُونَ (67)

Dan dari buah tamar (kurma) dan anggur kamu jadikan daripadanya minuman haram dan makanan serta minuman yang halal; sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat satu tanda (yang membuktikan kekuasaan ALLAH) bagi orang-orang yang mau menggunakan akalnya.

وَأَوۡحَي رَبُّكَ إِلَي النَّحۡلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الۡجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ (68)

Dan Tuhanmu memberi ilham kepada lebah: Hendaklah engkau membuat sarangmu di gunung-gunung dan di pokok-pokok kayu dan juga di bangunan-bangunan yang didirikan oleh manusia.

ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً يَخۡرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَانُهُ فِيهِ شِفَاء لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوۡمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69)

Kemudian makanlah dari segala jenis bunga-bungaan dan buah-buahan (yang engkau sukai), serta turutlah jalan-jalan peraturan Tuhanmu yang diilhamkan dan dimudahkannya kepadamu. (Dengan itu) akan keluarlah dari dalam badannya minuman (madu) yang berlainan warnanya, yang mengandungi penawar bagi manusia (dari berbagai-bagai penyakit). Sesungguhnya pada yang demikian itu, ada tanda (yang membuktikan kemurahan ALLAH) bagi orang-orang yang mau berfikir .

Kesimpulan dan kandungan surah An nahl Ayat 65-69

kesimpulan:

  1. Air hujan yang turun dari langit, sebenarnya ALLAH SWT lah yang telah menurunkannya. manfaat air hujan tersebut adalah untuk menghidupkan bumi dan mahluk hidup yang ada dibumi seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  2. Air susu beberapa hewan ternak seperti kambing,sapi dan keledai merupakan air susu yang bersih dan halal. ALLAH SWT telah menjadikannya sebagai minuman yang lezat dan banyak manfaatnya bagi umat manusia.
  3. Pada air hujan dan air susu hewan ternak itu terdapat tambahan bukti bagi orang-orang yang beriman kepada kebenaran dinul islam tentang adanya ALLAH SWT serta segala sifat-NYA yang maha Semurna, seperti maha pengasih, maha penyanyang,Maha Kuasa, maha Adil, dan Maha Bijaksana.
  4. Diantara buah-buahan yang telah diciptakan oleh ALLAH SWT ialah anggur dan kurma. Dari anggur dan kurma manusia dapat membuat sakar yaitu minuman yang memabukkan (khamar) yang hukumnya haram. juga dari anggur,kurma manusia juga dapat membuatnya makanan yang halal,baik,dan bermanfaat seperti cuka dan sale anggur.
  5. ALLAH SWT menurunkan wahyu kepda lebah yaitu berupa ilham sehingga dengan ilham tersebut lebah bertabiat sesuai dengan ketentuan-ketentuan ALLAH. misalnya ,bersarang dibukit-bukit,dipohon-pohon dan ditempat -tempat yang dibuat manusia serta memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sari makanan dari berbagai macam buah-buahan, lalu diolahnya menjadi madu yang bermacam-macam warna dan banyak manfaatnya khususnya obat berbagai macam penyakit.
  6. dalah buah kurma,anggur serta hewan lebah terdapat tambahan bukti tentang ALLAH SWT, pencipta alam semesta beserta isinya, bahwa ALLAH bersifat dengan segala sifat-sifat kesempurnaan dan bersih dari segala sifat kekurangan. Bukankah tidak seorangpun manusia didunia ini yang mampu menciptakan buah kurma dan anggur serta hewan lebah, yang manfaatnya banyak bagi umat manusia??Kandungannya;
    • ALLAH SWT menurunkan air hujan dari langit yang manfaatnya untuk menghidupkan bumi dan mahluk hidup yang ada didalamnya.
    • ALLAH SWT menciptakan hewan adalah untuk kepentingan manusia. hewan yang bisa menghasilkan susu, dan madu.
    • ALLAH SWT menciptakan segala jenis buah-buahan seperti madu,anggur buat dijadikan manusia sebagai makanan dan minuman. ada yang menjadikannya pula sebagai jenis makanan haram dan minuman haram yang biasa mendatangkan bencana bagai penikmatnya. Naudzu billahi,,
    • ALLAH menciptakan berbagai jenis serangga seperti lebah. dari lebah ini manusia dapat mengambil i’tibar(pelajaran)
    • Pada air hujan, hewan ternak yang menghasilkan susu, buah kurma dan anggur serta lebah yang mendatangkan manfaat yang banyak, terdapat tanda-tanda wujud kesempurnaan ALLAH serta sifat-sifatnya Yang Maha Sempurna..

5 respons untuk ‘Al Qur’an Surah An-Nahl ayat 65-69

Add yours

  1. Trima kasih, sy sngat suka dgn semua isi blog ini,, siapapun orgx yg posting isi blog ini, psti org yg sdh mendapatkan tingkat dan kedudukan di sisi Allah swt, entah itu tingkatan Mauna, karamah, atwkah sdh waliullah.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Subhanalloh,,,,
      jazaakallahu khair saudaraku tlh berkunjung di halamanku yg sederhana ini.
      saudaraku,,
      saya jg msh sementara belajar , belajar dan belajar lagi untuk bgmn cara mendekatkan diri kepada ALLAH Azza Wa Jalla dgn lbh baik lg..
      kedudukan kita dihadapan ALLAH tetap sama sbg hambaNYA.
      s blm lah mencapai tingkatan2 yg saudara maksud..
      tp dr sekian tulisan2 yg sy akan angkat sengaja sy jadikan motivasi buat pribadiku, dan sekirax ada manfaat bg saudaraku ALHAMDULILLAH…

      moga ALLAH redha. 🙂

      Suka

Tinggalkan komentar

Buat Blog di WordPress.com.

Atas ↑

tentangku

maju untuk berjuang atau mundur mengakui kekalahan

VOYAGE ONIRIQUE

"Rêve onirique & Bulle d'évasion"

Anta Malau & Co.

Anta's sharing everything she has to the world in this blog.

Loresta Nusantara

Setiap tulisan pasti akan menemukan pembacanya.

MbaSeo

SEO Jakarta, SEO bersama Liza, SEO Bandung

itwasinspiredbyaworld

itwasinspiredbyaworld

Juman Bin Wastono

Catatan harian seorang ayah

story

Cahaya terangi hati

serba maju

jangan menyerah pada nasib

Tika

Puisi tapi tak puitis

Pahlawan Dunia Media

خير الناس النفعهم لي الناس

My Journey

You only live once, but if you do it right, once is right. ― Mae West

Tetesan Tinta Putra Bangsa (TTPB)

apa alasan anda sehingga anda GAGAL?

My Thoughts In My Words

Thoughts. Musings. Book Reviews. Rants.

AYAH BUNDA

selamat datang, semoga bermanfaat bagi teman teman semuanya