Al Qur’an Dan Madu

Madu merupakan Salah Satu Rahmat dari ALLAH Shubhanahu Wa Ta’ala, yang tidak akan pernah sia-sia di muka bumi ini. Yang kelihatannya biasa, namun sesungguhnya terdapat hal yang luar biasa yang terkandung dalam madu tersebut.

Catatan kali ini masih terkait dengan tulisan saya sebelumnya yang terbit 13 November 2012 ,silam:

Al Qur’an Surah An-Nahl ayat 65-69

Dalil yang membuktikan bahwa madu merupakan obat seperti yang terdapat pada firman ALLAH dalam Al Qur’an surah An-Nahl ayat 68:

وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتً۬ا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ (٦٨)

“Dan RABB mu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang di buat manusia.”
(QS. An Nahl: 68)

Di dalam dalil tersebut sudah jelas, bahwa lebah akan berada di tempat-tempat seperti yang di jelaskan di atas, karena semua itu akan di manfaatkan oleh manusia untuk berbagai usaha baik pengobatan atau di konsumsi sendiri.

Dalam suatu penjelasan hadist ; Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam, bersabda, : 

” Hendaknya kalian mengunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an.”
(Sunan Ibnu Majah, hal 1142, Hadist no. 3452, bab madu).

Khasiat-Khasiat Madu

Sebagai Penambah Tenaga(Energi)
Madu berkhasiat buat kesehatan karena didalamnya selain memiliki ”

berkah

” yang  menghasilkan karbohidrat juga sebagi gula alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Merupakan suatu anjuran, jika sebelum atau sesudah berolahraga, dan saat kita merasa lelah di pagi hari atau badan terasa letih sepulang bekerja : biasakan minum segelas air yang dengan madu sebagai pemanisnya (pengganti gula). Dan dengan demikian madu tersebut dapat dengan cepat menambah tenaga atau segera memulihkan kondisi badan yang kurang fit setelah beraktifitas.

Sebelum tidur , mengkonsumsi madu dapat meningkatkan kadar insulin dan melatonin pada tubuh kita, yang membantu tidur lebih nyenyak, dan mengembalikan kondisi tubuh lebih efektif saat beristirahat.
Caranya sederhana, cukup ambil madu satu atau dua sendok teh dan meminumnya sebelum tidur.

Suatu kebiasaan di kampung-kampung cara cepat untuk menambah stamina adalah meminum satu sendok madu + sebutir telur ayam kampung.

Jika merasa sakit, madu terkenal karena kemampuannya untuk mengobati batuk, pilek dan alergi. Secara umum ditunjukkan untuk tampil sebaik obat batuk apotek.
Bahkan dewasa ini, kita sudah banyak menjumpai madu dalam kemasan yang lebih standart tapi dalam quality yang masih terjamin 100%. Madu juga dapat mengobati batuk akut pada anak-anak.

“Ada dua obat untukmu ; Madu dan Al-Qur’an. Al Qur’an adalah obat untuk jiwa, dan madu adalah obat untuk setiap penyakit ”

Dalam Al-Qur’an diisyaratkan bahwa madu bisa dijadikan minuman sekaligus juga dapat dijadikan obat untuk manusia, sebagaimana tersurat dalam QS. An-Nahl ayat 69 :

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُون

“…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.”

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Kutipan | Pos ini dipublikasikan di TAFAKKUR dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s