Sistematika Hafal Qur’an Mudah Dan Rapi

​   Assalamu’alaykum wa rohmatullahi wa baarokatuh
  Hai Sahabat Pena,, Gimana kabar kalian?  Saya harap kalian semua masih senantiasa sehat dan selalu dibawah Perlindungan serta Naungan Rahman dan Rahim-NYA untuk tetap selalu berkarya penuh Redha. 

  Aamiin..  

  Kali ini, saya akan menuliskan Sistematika Hafal Qur’an Mudah yang Notabene merupakan hasil pemikiran sendiri, dari pengalaman selama menjadi Hafidz Qur’an dan beberapa sumber yang saya dapatkan dari sistem hafidz qur’an terkenal.
  1. Short Story

       Mungkin Sistem yang akan saya terapkan ini terkesan lamban jika melakoninya, tapi memang seperti itu tujuan Sistematika yang saya buat ini. Walaupun hasilnya kelak lambat, dan caranya cukup santai asalkan kita tetap konsisten menjalaninya, InshaaAllah 30 Juz bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih 5 tahun. InshaaAllah! 

    Saya menghafal Al Qur’an itu sejak usia sekitar 4-5 tahun. Tapi di usia itu yang saya hafal cuma Al fatihah dan 4 Qul(Al Ikhlas, Al Falaq, An naas,Al kaafirun), tapi saya tidak pandai membaca Al Quran. 

   Bagaimana caranya gan, menghafal tapi gak pandai ngaji?

   Jawabannya karena Surah surah tersebut saya dengar hampir tiap hari. Ayah seorang imam, dan ibu seorang ngaji. Wajarkan?   

   Saya sebenarnya sempat berguru sama ibu, tapi otak saya sangat bebal bahkan mulut saya pernah “ditampar ” dan berdarah sama Al Qur’an sebagai teguran kenakalan bocah. Orang lain menurut adab yang di ajarkan ibu, habis ngaji Cium Qur’an baca Subhanallah, saya tidak, waktu itu abis di ajari ngaji, saya nyanyi sambil nyium Qur’an.

  Prakkkk…

  Bibir saya pecah dan mengeluarkan darah. Makanya sejak itu, saya berhenti ngaji. Bacaan saya kata ibu cuma sampai 

   ختم الله عل قلو بهم 

QS.Al Baqarah:  7..

  Gak pindah pindah sampai bertahun tahun.

  Karena malu, Ayah imam dimasjid , saat masuk SMP kelas 1, saya belajar ngaji sendiri tanpa ada yang ngajarin. Tapi tetap saja bebal, bacaan saya mungkin gak jauh jauh amat dari ayat di atas ,tetap masih Al baqarah.

  Nah,, entah mimpi apa malam itu, saya di SMP dapat beasiswa dan ikut berlibur ke kota Makassar ke rumah salah satu kerabat disana. Kakak pertama saya, ngajak ke Islamic center di suatu malam ramadhon ,kebetulan berjalan di lokasi masjid banyak tuh penjual buku dan kitab Al Qur’an.

   Pandangan saya tertuju ke sebuah Mushaf yang dijual,  mushaf kecil seukuran dengan saku baju kemeja. Jatuh cinta pada pandangan pertama, Mushaf berwarna coklat itupun saya beli dengan harga Rp.22.000,00 ,sekitar tahun 1997/98.

   Spektakuler untuk anak SMP kelas 2,  sejak malam itu saya ngaji.  Hanya membutuhkan 8 hari, sayapun khatam pertama Qur’an, beberapa hari sebelum Idul fitri. Jadi, tadarrusannya saya ulang kembali, nyaris khatam lagi. 

Saya tidak tahu apa penyebabnya, yang jelas saya termotivasi. Dan mulai saat itu juga, saya belajar hafal Qur’an lagi.

   Alhamdulillah, Al Mulk, As Sajadah, Yasin dan beberapa surah surah pendek nyantol dihati. Hehehe.. Subhanallah…

   Tapi sayang sungguh sayang,, lulus SMA 2002 saya fokus kerja dan merantau ke jawa selama hampir 4 tahun. Dan selama itu pula nyaris seluruh hafalanku hilang hanya menyisakan Al fatihah,4 Qul dan Al Baqarah ayat 102-103. Sedih,frustasi dan gagal menjaga Kalamullah suci. 

Sekitar pertengahan 2008, kembali hidayah dari ALLAH, keinginan untuk menghafal muncul lagi walau saya harus mulai dari NOL BESAR.

   Tapi di Tahun 2013 saat mengawal jalannya pameran Lp3KI dimakassar, depan RS.Awal Bross, Mushaf yang menemaniku sejak beberapa tahun terakhir itu hilang raib beserta tas diambil orang, saat saya sedang mendirikan sholat dzuhur. Sedih sungguh sedih, aku merasa telah kehilangan Mustika berharga dalam hidup saya. 

Saya sempat membeli mushaf baru dikota sinjai tapi kedua keduanya, saya berikan sebagai hadiah kepada sahabat wanita saya. 

Jadi sekarang ini,belum ada gantinya, untuk sementara menggunakan Mushaf adik saya.

ALLAH berfirman dalam Al Qur’an, Surah Al Isra ayat 9.
ان هذ االقر ان يحد ي للتي هي عكوم ويبشرل الموع منين الذين يعملو ن اصلحت ان لهم ا خرا كبرا
“Sesunggunya AlQur’an ini memberikan petunjuk kepada(jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar “. (QS.Al Isra:  9).

   Walau cara menghafal saya tanpa berpegang pada sistem hafal terkenal, tapi bisa nyantolin beberapa surah dan jauh melewati hafalan saya yang hilang dulu. Tapi kesannya tetap lambat, karena sistem saya itu “apa yang saya suka”. Selain lambat juga urutan hafalan tidak perjuz, tidak persurah maka kesan lainnya tidak rapi..

    Makanya 3 hari ini, saya terus berbenah, bagaimana hafalan bisa selesai jika caranya masih “apa yang saya suka” ?

Timbul ide membuat “Sistematika Hafal Qur’an Mudah dan Rapi”. Walau tak sehebat “Menghafal Qur’an Semudah Senyum ”  atau “Metode Turki Utsmani ,tapi inshaaAllah ,sistem ini sangat mudah diterapkan oleh pemula, selain mudah, santai tidak terkesan akan memburu. 

 Karena jika kesan memburumu ada, waspada itu Nafsu..!

   Ada keuntungan besar yang selama ini saya dapatkan sebagai seorang Hafidz Qur’an,  di setiap tempat yang pernah saya kunjungi dan menetap, dimana pun saya bekerja ,saya selalu merasa “dihargai” , dengan mereka selalu menjadikan saya sebagai pemimpin jamaah sholat. 

Alhamdulillah..

   Cuma yang jadi kendala adalah,jika saya ditanya,, sudah berapa juz yang adik, kakak, Mas, pak, yang hafal? Saya selalu bingung untuk menjawav apa. Dikarenakan cara menghafal saya masih “apa yang saya suka”,tidak berurutan Juz dan Surah. Tapi kalo saya ingat kembali, jumlag hafafal ayat saya inshaaAllah kurang lebih 500 ayat, jika cara saya teratur menghafal menurut Juz bisa dibakukan menjadi 2 Juz.. 

   Makanya untuk mengubah kesan semrawut menghafal, saya cobalah terapkan saat ini Sistematika Hafal Qur’an Mudah dan Rapi. Semoga berkah dan membawa Rahmat.



2. Kiat kiat sebelum hafal Qur’an 
     Adapun kiat kiat yang akan saya berikan sebelum masuk ke Sistematika Hafal Qur’an Mudah dan Rapi, sebagai berikut:

  •    Niat kerana ALLAH, semoga diberi kemudahan dan diberi kebaikan dari hikmah Al Qur’an Kariem.
  •    Menyiapkan atau memakai satu mushaf saja selama dalam proses Menghafal.
  •    Hentikan dan hindari segala perbuatan yang tak bermanfaat yang bisa mendatangkan mudharat dan bahkan murka ALLAH, seperti: berbohong, merokok, mendengarkan musik, dan pacaran.
  •    Dalam proses menghafal bukan saja dibutuhkan konsisten membaca tapi konsisten mendengar rekaman surah yang dibaca. Pengalaman saya, biasanya saat mengulang saya merekam suara saya, jadi kita bisa tahu dimana suara yang tak sesuai dengan tajwid atau fals kedengarannya. Atau juga setiap surah yang saya hafal, saya sengaja mengikuti suara al mishary. Misalnya saya hafal Al Imran, rekaman surah al Imran Al mishary ini konsisten saya dengerin.
  •    Hafal Qur’an sebaik di masjid. Bisa dirumah tapi dalam kamar biar tak ada gangguan. Waktu menghafalnya juga sebaiknya tengah tengah malam dan sehabis sholat subuh. Dua waktu dimana otak kita begitu peka menerima.
  •    Mengeraskan suara, biar orang lain dengar dan juga bisa membantu kita jika misal ada kesalahan membaca. Dan orang lain pun jika tiap hari mendengarkan apa yang kita baca secara tidak langsung mampu menghafalkannya juga.
  •    Menghafalnya perjuz. Cari juz yang lebih muda.  Misal: Juz 28. Selain lebih tertib hasilnya lebih rapi, jika kita tentukan harus hafal per juz.
  •    Setiap halaman Surah dalam perjuz itu, anggaplah terdiri dari 10 ayat,  maka tiap ayat dibaca 20 kali, dan tiap halaman itu dibaca 20 kali.
  •    Tetap konsisten dan fokus.
  •    Keadaan dalam menghafal harus selalu suci atau dalam keadaan berwudhu.
  •    Man jadda wa jada.. Siapa bersungguh sungguh akan mendapat hasil.

    InshaaAllah semoga bermanfaat..


3. Sistematika Hafal Qur’an Mudah dan Rapi
   

Masuklah kita dalam pembahasan intinya.

Dengan sistem ini,saya pun pribadi menghafal seperti kembali dari nol. 

Rahasia akan keberhasilan sistem ini yang lainnya bagi pemula adalah,, 

Kita diharuskan mengenal dimana batas batas tiap juznya.

Antara lain:
Juz 1:  الم (Alif Lam Mim) : dimulai dari Al Fatihah, Al Baqarah:  ayat 1 – Al Baqarah : Ayat141

Juz 2:   سيقو ل (Sayaquulu) : Al Baqarah:  142 – Al Baqarah:  252.

Dst,,,,,,
    Saya sengaja memilih 4 Juz termudah, masing masing : Juz 26,27,28,29. Perinciannya:
Juz 26(Haa miim) : terdiri dari 6 Surah, dimulai; Surah Al AhQaf:  1 – Surah Azzariyat:  30. Total ayatnya:  195 Ayat.
Juz 27(Qaalafama) : terdiri dari 7 Surah,  dimulai;  Surah Azzariyat:  31- Surah Al Hadid:  29.  Total Ayatnya 398 Ayat.
Juz 28(Qadesamiallaahu) : terdiri dari 9 Surah, dimulai;  Surah Al Mujadilah:  1- Surah At Tahrim:  12.  Total Ayat 137 Ayat.
Juz 29(Tabaarakalladzi)  : terdiri dari 11 Surah, dimulai ; Surah Al Mulk:  1 – Surah Al Mursalat:  50. Total Ayat 431 Ayat. 
Kenapa saya membagi seperti di atas? 

Nah, , Jawaban:  

Coba perhatikan 4 Juz di atas.  Tapi bukan Juz nya yang jadi pokok permasalahan dari Sistematika Hafal Qur’an Mudah tapi jumlah Ayat keseluruhan dari 4 Juz tersebut.
Juz 26 terdiri dari 6 Surah = 195 Ayat.

Juz 27 terdiri dari 7 Surah = 398 Ayat.

Juz 28 terdiri dari 9 Surah = 137 Ayat.

Juz 29 terdiri dari 11 Surah = 431 Ayat.
Jadi,, 4 Juz itu terdiri dari 33 Surah, 1.121 Ayat.
Sistematika Mudahnya mana, bung?   

Oh iyya,,  Ini sistematika mudahnya.. 

Kita ambil dari 1121 Ayat,  dibagi 365 hari.
1121 ÷ 365 = 3,712

3,712 dengan ikhlas kita membulatkan saja menjadi 4. Setuju?
Inilah Jawabannya. Inilah kesimpulannya dari “Sistematika Hafal Qur’an Mudah”.

4 ayat perhari.

Mudah dan santai.

jadi Jika kita konsisten menghafal 4 ayat perhari, maka 4 juz dalam setahun kita bisa menyelesaikannya dengan mudah.

Senyum,,,,  😊
Jadi kita bisa melewati One day, one ayat-ayatnya uztad Mansur yang lebih santai dan lebih Mudah lagi.
Marilah kita bersama berlomba mengejar kebaikan, berharap pahala dan tentunya mengharapkan Redha ALLAH.
Moga bermanfaat, 

Jazaakumullahu khairan katsiro wa Ahzanul jazaa.
Akhirul qalam 
Wassalamu’alaykum warohmatullahi wa baarokatuh
Arung Wahyu

@arungshah        : instagram

@dandeelion10   : line

@ekcentrick dandeelion  : Facebook

Iklan

Tentang Arung Wahyu

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di Arung Wahyu. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s