Fatwa -Fatwa Tentang Wanita

image

Segala puja dan puji hanya kita panjatkan keHadirat ALLAH Azza wa Jalla yang telah mengutus para Rasul dengan membawa petunjuk ,yang telah meredhai Islam sebagai satu-satunya aturan hidup. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi terakhir Rasulullah Muhammad Saw, para sahabat, keluarga dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.

1. Masalah Pakaian Dan Perhiasan (Kitabul Libaz Waz Zinah)

Pakaian dan perhiasan memang sesuatu yang tidak bisa lepas dari wanita dan selalu identik dengan kaum hawa. Hanya saja yang menjadi persoalan saat ini adalah tidak semua muslimah mengetahui apakah suatu jenis pakaian atau perhiasan itu boleh atau tidak untuk dipakai menurut tuntunan syariat.
Bukti nyata dimasyarakat kita memang menunjukkan bahwa masih sangat banyak muslimah yang belum tahu tatacara berhias dan berpakaian menurut tuntunan agamanya. Itu semua disebabkan minimnya mereka akan ilmu, dan didukung dengan keengganan untuk belajar dan bertanya. Disamping itu faktor lingkungan juga memberikan andil yang sangat besar untuk terjadinya berbagai bentuk penyimpangan.
Kondisi mereka yang seperti ini jelas merupakan sebuah sasaran empuk dan lahan subur bagi berkembangnya mode dan budaya kafir. Tanpa disadari mereka telah hanyut terseret oleh arus besar yang membahayakan. Namun yang lebih patut untuk disayangkan adalah ketidak tahuan mereka bahwa itu semua adalah sebuah kesalahan. Bahkan itu di anggapnya sebagai bentuk kemajuan budaya dan peradaban.
Padahal dalam sebuah hadist, secara tegas Rasulullah Saw telah melarang tasyabbuh, yakni sikap meniru-niru budaya dan model kafir,sebagaimana sabdanya:

“Barangsiapa meniru-niru suatu kaum,maka berarti ia dari golongannya.”
(HR. Imam Ahmad dan Daud)

Sikap membebek-bebek atau ikut-ikutan kaum muslimin terhadap kaum kafirin ini juga telah disinyalir oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya yang lain  :

“Sungguh kalian semua nanti akan mengikuti jalan hidup orang-orang yang sebelum kalian,sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta sehingga meskipun mereka masuk lubang biawak kamupun ikut memasukinya.”

Ketika ditanyakan tentang siapa yang dimaksudkan oleh orang sebelum kalian , apakah Yahudi atau Nashrani, maka jawab Nabi Saw:   “siapa lagi kalau bukan mereka.”

Maka wajar sekali ketika ada seorang remaja putri ditanya:  “apa nama model potongan rambut seperti ini?” Ia menjawabnya dengan nama salah seorang artis kafir. Bahkan ada diantara model rambut yang setelah ditelusuri ternyata berasal dari nama seekor anjing yang bulunya telah ditata sedemikian rupa,lalu dijadikan model rambut wanita. Ironis memang, seorang muslim atau muslimah namun lebih akrab dengan budaya orang yang memusuhi Rabbnya, sementara tuntunan agamanya sendiri yang tinggi dan luhur tak pernah terlintas dalam benaknya.
Oleh karena itu hendaknya seorang muslim khususnya remaja putri dan kaum ibu hendaknya benar-benar waspada dari pengaruh budaya-budaya dari luar Islam,meningkat ilmu dan kualitas pemahaman agama yang benar dan berhati-hati dengan pergaulan yang merusak. In sha Allah,dengan itu kita tidak akan terjerumus dalam lubang dan jerat yang telah dipasang oleh musuh-musuh kita.

2. Masalah Adab Dan Akhlak (Kitabul Adab Wal Akhlak)

Dalam artikel ini yang semuanya bersumber dari kitab Fatwa-Fatwa Tentang Wanita akan mengangkat berbagai masalah tentang pergaulan sehari-hari seorang muslimah. Seperti tentang hijab,khalwat,safarnya para wanita,adab wanita yang sedang haidh dan diakhiri dengan persoalan beraneka ragam dari kaum wanita.
In sha Allah!
Walhasil, masih banyak sisi kehidupan beragama kita yang harus dibenahi,dan itu membutuhkan proses dan kesabaran. Langkah awal yang harus ditempuh adalah memberikan pemahaman yang benar,yakni pemahaman Nabi Saw dan para sahabatnya. Ini sangat penting,sebab dengan pemahaman yang benar maka in sha Allah dalam praktek dan penerapannya juga akan benar.
Akhir kata , segala lelah dalam proses pengetikan artikel ini berbuah berkah dan bernilai ibadah karena dengan niat kebenaran dan hanya berharap mendapat redha ALLAH. Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi dan andil dalam memperbaiki kondisi umat,khususnya saudariku para muslimah, mengembalikan mereka ke jalan Ilaahy sebagaimana yang telah ditempuh para pendahulu dari kalangan kaum mukminah. Atau setidaknya dapat mengurangi fitnah dan bencana yang melanda kaum muslimin. Sungguh…. kunci ada ditangan anda wahai para wanita! Jika anda mau maka segalanya akan berubah.
Semoga ALLAH Tabaarakah wa Ta’ala senantiasa membimbing kita kejalan yang lurus,dan menjadikan kehidupan kaum muslimin lebih baik dan mencocoki kitabNya dan Sunnah Rasulullah Saw.

Aamiin

Penulis

Arung Wahyu

Salam Santun

Iklan