TYPOGRAFHY

image

Typografy, editor penulis

Pernahkah ada melihat atau membaca tulisan typo pada saat sedang berinteraksi,  chatting dengan teman di Facebook,  WordPress, atau di Media Sosial lainnya?

Awalnya saya pribadi memang sedikit bingung dengan seringnya saya temui kata-kata typo pada saat sedang chat dengan seorang teman tertentu. Kenapa saya mengatakan hanya teman tertentu, karena saya percaya bahwa tidak semua teman yang kita ajak chat bisa mengoreksi tulisan – tulisan kita.  Itu bisa terjadi jika teman tersebut sebelumnya telah faham dalam dunia seni tulis-menulis.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, seorang teman saya yang lama tak memunculkan diri di Facebook, karena sibuk dalam dunianya yang baru yakni dunia fiksi, akhirnya menampakkan dirinya juga. Setelah delapan(8) purnama menunggu ..  haha.. lebay amat lu bro..😁
Dia menulis status yang selalu menceritakan pengalaman-pengalaman menariknya.

Apakah saya rindu? Rindu itu memang ada, tapi rindu dalam batas yang sewajarnya saja. Rindu pada teman yang lama menghilang tanpa kabar. Tapi soal rindu saya tidak membahas lanjut ,disini saya cuma membahas masalah yang berkenaan dengan typo saja!

Kami pun saling menyapa, saling bertanya kabar dan menceritakan pengalaman pengalaman menarik setelah lama tak berkomunikasi. Entah dari mana awalnya,  beberapa kali saya menemui kata-kata typo pada tulisannya.

” Typo ya typo.
Taulah Mana yg typo mas ya 😂 “

Saya pun bertanya typo itu apa?

image

Tapi karena mendapat jawaban yang kurang memuaskan, akhirnya saya bergegas masuk kesalahsatu aplikasi fiksi yang tersedia di HP saya.

Akhiranya saya menemukan salah satu karakter yang mirip dengannya, saya tetap mencari tahu, dan berhasil menemukan tulisannya yang membahas tentang typo ini.

Ternyata typo itu adalah kesalahan pada saat kita mengetik atau menulis. Kesalahan yang tidak disengaja, karena kita sudah faham betul susunan kata atau abjad yang akan ditulis, tapi saat tertulis malah salah urut..

Misalnya pengen nulis sebenarnya, yang terjadi setelah ditulis malah ” sebernanya“.

Atau kita inginnya menulis “ayla view”  ,yang tertulis atau bahkan yang terbaca adalah ” i love you “.
Ini mah salah pengetikan yang disengaja, untuk menyembunyikan perasaan sebenarnya.  Haha 😂

image

Berikut penjelasan typo yang saya ambil dari Wikipedia  .

Kesalahan tipografi atau galat tipografi (dalam bahasa Inggris biasa disingkat typo) adalah kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik. Istilah ini mencakup kesalahan karena kegagalan mekanis atau slip tangan atau jari, tetapi tidak termasuk kesalahan yang timbul akibat ketidaktahuan penulis, seperti kesalahan ejaan. Kesalahan tipografi dapat disebabkan oleh jari yang menekan dua tombol papan ketik yang berdekatan secara bersamaan. Kesalahan tipografi bukan merupakan kesalahan yang disengaja.

Typo dapat mengubah arti kata atau bahkan arti dari kalimat, terutama dalam bahasa Indonesia. Contohnya, kata ‘ketika’ yang ditulis menjadi ‘ketiak’ mengandung arti yang sangat jauh berbeda. Kesalahan tik seperti ini tidak akan dapat dideteksi oleh aplikasi pengecek ejaan (spelling checker).

Bagaimana dengan anda?
Sudah faham kan dengan typo atau typografhy?

Salam Santun Satu November (S3N)

Iklan

Tentang Arung Wahyu

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Kutipan | Pos ini dipublikasikan di Typo dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s