Menjadi Istri Unggulan Dan Di Idamkan Suami

  Tugas yang dilakukan oleh istri terhadap suaminya, tak sekedar melayaninya, membuatkan makanan kesukaannya, mendidik anak, menghiasi dan memperindah rumah. Tapi selalu mendoakan suaminya dengan penuh keikhlasan  ketika sujud di tengah malam ,pun menjadi peneduh jiwa  suami dikala menghadapi perkara pelik dan susah penyelesaiannya. Disitulah peran sang istri yang selalu ada buat suami.
       Tak salah jika gambaran cinta terindah antara suami dan istri yang tak lekang oleh waktu adalah ucapan Khadijah RA kepada suami tercintanya, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika beliau mendatanginya dalam keadaan membutuhkan ketenangan jiwa, belaian, dan bantuan secara psikis. Khadijah RA adalah “jawaban” dari segala keresahan beliau SAW.

Khadijah RA berkata  :
“Demi ALLAH,,sesungguhnya Dia tidak akan menghinakanmu selamanya. Sesungguhnya engkau adalah seorang yang menyambung silaturrahim, jujur dalam ucapan, menjaga tamu, menolong yang lemah, memberi orang yang tidak punya, dan membela kebenaran !”

   Berikut ini saya akan mencoba menguraikan beberapa gambaran dari tugas dan kewajiban yang sangat mulia dari seorang istri kepada suaminya. Sebagai Tips untuk Menjadi Istri Shalihah Yang Unggulan Dan Di Idamkan Suami.

” Mendapatkan istri yang shalihah merupakan impian setiap lelaki, kecantikannya adalah bonus !  Tapi mendidik wanita atau istri menjadi shalihah adalah “Hadiah Terindah” dan kewajiban itu harus dijalankan!”

1.  Jangan takut untuk mengungkapkan keinginan dan perasaan anda pada suami

Akan lebih baik apabila apa yang anda inginkan dan rasakan dibicarakan langsung, daripada dipendam dalam hati.  Jangan buat suami anda menebak-nebak apa yang anda inginkan.  Komunikasikan apa yang ada di dalam benak anda, sehingga anda bisa merasa lebih lega dan suami pun tahu apa yang harus ia lakukan dalam mengantisipasi hal yang anda ungkapkan.
   Sebagian besar perceraian disebabkan oleh komunikasi yang tidak berjalan lancar.  Oleh karena itu, sebagai istri yang baik, sangat penting untuk memastikan bahwa komunikasi anda dan suami selalu lancar.  Berusahalah untuk lebih terbuka dan jujur; jika anda melakukan hal itu, suami anda pun akan lebih respek dan bersikap sama kepada anda.

  Bentuk ungkapan cinta atau komunikasi yang umum antara suami istri sangat beraneka ragam. Istri bisa memilih bentuk ungkapan itu yang sesuai dengan karakter suaminya. Sebab suami ada tipenya diam, cerewet dan stabil( ini hasil survey ya, soale saya pun saat ini belum menjadi seorang suami 😊).

Aisyah RA berkata, “Rasulullah tidak pernah berbicara penuh sebagaimana bicaramu ini (cerewet) tetapi beliau berbicara dengan perkataan yang pas, jelas, padat sehingga bisa dihafal oleh orang yang ada di sekitarnya.” (HR. Abu Dawud).

2. Dengarkan nasihat suami

Sudah menjadi kodrat lelaki untuk cenderung memberikan berbagai saran dan nasihat pada istrinya.  Dengarkanlah nasihat suami dengan serius, dan laksanakanlah.  Dengan melakukan hal itu, suami anda akan merasa lebih dihargai, dan rasa cintanya pada anda juga akan lebih meningkat tiap waktu..
 Ketika sang suami memberikan nasihat, tunjukkan ketertarikan anda.  Jika perlu, ulangi apa yang suami katakan agar ia benar-benar merasa yakin bahwa nasihatnya didengarkan oleh istrinya.

Rasulullah yang agung itu begitu lembut dan bersahabat, lapang dada serta terbuka, sehingga rela mengulang-ulang kata-katanya supaya orang lain mengerti.
Seperti hadits yang diriwayatkan melalui Anas bin Malik r.a.,
“Rasulullah sering mengulang perkataannya sampai tiga kali supaya dimengerti dan dipahami.”
(HR. Bukhari)

3. Berterimakasihlah pada suami anda

Berterimakasih adalah suatu aktivitas yang sangat simpel, namun banyak dilupakan oleh pasangan suami-istri, terutama yang sudah lama menikah.  Ingat, sekecil apapun bentuk terimakasih anda, pasti akan diperhatikan oleh sang suami.  Ia akan merasa dihargai jika mendengar ucapan yang tulus dari istrinya, setelah seharian bekerja keras mencari nafkah.
Tak perlu menunggu momen-momen tertentu untuk mengucapkan terimakasih pada suami.

“Tak perlu menunggu sang suami memberimu silver queen atau setangkai bunga mawar, sebab tanpa dipinta pun seorang suami yang mencintai,menyayangi istrinya pasti akan selalu melakukan hal hal yang bersifat surprize atau hal istimewa lain yang dapat membuat istrinya merasa senang dan bahagia!.”

Lakukan kapan saja anda merasa perlu untuk melakukannya.  Jika anda menghargai suami dengan mengucapkan terimakasih, maka ia juga akan lebih mengapresiasi apa yang anda lakukan untuk rumah tangga anda berdua.

4. Rawat diri anda

Anda tetap perlu untuk merawat diri dan tampil cantik walaupun sudah menikah.  Hal ini tentunya untuk bertujuan untuk membuat hubungan anda dengan suami menjadi lebih hangat dan selalu terkesan romantis.  Tak perlu berlebihan, setidaknya rawatlah wajah anda, lakukan sedikit olahraga kecil untuk menjaga berat badan anda.  Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit dan rambut anda.
Percaya atau tidak, dengan menjaga kecantikan diri anda, suami akan merasa lebih dihargai dan ia pun akan lebih respek pada anda.  Tentu saja hal ini juga sangat berguna untuk mencegah suami anda berpaling pada wanita idaman lain.

5. Cobalah untuk tetap romantis

Akan sangat menyenangkan apabila anda bisa menjaga romantisme bersama suami seperti ketika anda masih berpacaran.  Walaupun sudah menikah, luangkanlah waktu-waktu spesial untuk anda berdua; mungkin anda bisa menghabiskan makan malam romantis, atau sama-sama menonton bioskop.  Jangan lupa, hadiah-hadiah kecil untuk suami anda juga sangat efektif menjaga kehangatan rumah tangga anda.

Hadiah kecil itu misalnya jam tangan atau Mushaf Al Qur’an.
Itu akan membuat hati suami anda klepek-klepek . Bukan mengenai harganya tapi tentang arti sebuah perhatian !
Jangan ragu untuk tetap menggunakan panggilan sayang kepada suami anda di waktu-waktu khusus tersebut.  Nikmatilah seperti saat anda merasa bahwa dunia hanyalah milik anda berdua.  Tunjukkanlah pada suami anda bahwa anda bahagia hidup bersamanya.

6. Berikan waktu khusus kepada suami untuk bersosialisasi dengan temannya

Kadang kala, anda perlu membiarkan suami anda pergi bersama teman-temannya untuk sekedar bersenang-senang tanpa anda temani.  Mungkin memang hal ini bisa menimbulkan sedikit rasa cemburu dan kecemasan kalau-kalau suami anda selingkuh.  Namun apabila anda mempercayai suami anda, ia pun pasti akan berusaha sebaik mungkin menjaga kepercayaan anda.
Dengan melakukan hal ini, anda sebagai istri menunjukkan bahwa privasi dan kebebasan suami juga akan terjaga setelah anda berdua menikah.  Sebaliknya, jika anda justru terlalu mengekang suami dan tidak memberinya kebebasan, ia akan mencuri-curi waktu diam-diam untuk lari dari jeratan anda.

7. Jika ingin mengkritik suami lakukan disaat yang tepat

Terkadang mungkin anda menemukan beberapa kebiasaan suami anda yang tidak anda sukai.  Atau mungkin anda ingin mendiskusikan sesuatu yang sangat emosional.  Jika anda ingin melakukan hal ini, lakukanlah di saat yang tepat.  Jangan mengkritik suami di saat ia baru pulang kerja atau dalam kondisi kelelahan.  Pastikan juga untuk tidak sekedar “memarahi” suami, tapi berilah kritik yang membangun kepadanya.  Jika anda ingin membicarakan hal-hal penting, pastikan suami sudah kenyang, dalam kondisi rileks, dan tidak sedang dalam posisi tertekan oleh pekerjaan.

8. Tetap jaga kehidupan sosial dan kembangkan diluar jam keluarga

Walaupun sudah berumah tangga dan memutuskan untuk menjadi seorang istri, anda tetap perlu menjaga kehidupan sosial anda di luar rumah.  Tetap jalin komunikasi dengan teman-teman anda serta berbagai kegiatan yang sering anda lakukan sebelum menikah.  Hal ini sangat berguna untuk mencegah diri anda dari rasa jenuh dan bosan dalam berumah tangga.  Kejenuhan dan kebosanan jika terus ditumpuk lama-lama akan menghadirkan konflik yang siap meledak bagai bom waktu di rumah tangga anda.

9. Manfaatkan waktu yang kosong untuk rileks bersama suami

Ketika anda dan suami  kebetulan sama-sama memiliki waktu kosong, manfaatkanlah baik-baik waktu itu untuk bersantai.  Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tertentu atau pergi ke tempat-tempat tertentu.  Terkadang bagi sang suami, bediam diri di rumah sambil bersantai membaca koran adalah aktivitas yang benar-benar didambakannya setelah lama bekerja keras.  Cobalah untuk menikmati masa-masa santai ini dengan duduk diam dan menikmatinya berdua bersama suami anda.
Ajak suami anda untuk bermain. Seperti bermain game jika suami anda hobby main game. Maka yaqin saja sang suami akan memperlihatkan semua kemampuannya dalam memainkan perasaan anda dalam bermain game. Hal itu tentu membuat suami anda senang.
Nah jika suami anda senang akan kemenangannya, pasanglah wajah cemberut dan ngambek, biarkan suami anda mengeluarkan semua jurus nya untuk meluluhkan hati anda kembali. 😁 .. tantangan nih buat suami dan calon suami..

10. Percayai suami anda dan tunjukkan hal itu kepadanya

Walaupun terlihat tangguh, sebenarnya banyak pria yang mengalami masalah dengan kepercayaan dirinya.  Oleh karena itu, tunjukkanlah pada sang suami bahwa anda mempercayainya sepenuhnya untuk melindungi anda, dan untuk membimbing anda melalui samudera kehidupan.  Jangan ragu untuk meminta bantuan suami, karena dengan melakukan hal itu ia akan merasa berguna bagi anda.  

Sekali lagi, tunjukkan bahwa anda bahagia ketika anda bersama suami, dan ekspresikanlah kesan bahwa ia adalah pria yang paling tepat bagi anda serta paling anda cintai di dunia ini.

“Mendambakan istri shalihah sang mutiara yang terpendam memang hak seorang lelaki, tapi untuk mendapatkannya apakah kita sudah layak!”

ALLAH Azza wa Jalla berfirman :

“Jangan kamu berlaku kasar terhadap mereka itu lantaran kamu hendak pergi dengan membawa sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepada mereka, kecuali apabila mereka berbuat kejahatan yang terang-terangan.”
(QS. An-Nisa’ : 19)

Wanita dan istri itu dimuliakan seperti dalam ayat ini :

“Sebagian dari tanda-tanda kekuasaan ALLAH bahwa Dia menciptakan untuk kamu kaum pria, isteri-isteri kamu yang sejenis dengan kamu, agar kamu merasa tenang di sampingnya dan Dia menciptakan kasih sayang di antara kamu.”
(QS. Ar-Rum :21)

Dan Rasulullah SAW juga bersabda :

“Kesenangan dunia yang paling baik ialah isteri yang saleh, kalau engkau menoleh kepadanya, maka dia membuat engkau merasa gembira dan kalau engkau bepergian, maka ia menjaga nama baikmu.”
(HR.Muslim dan Ibn Majah)

Wanita sebagai Istri atau ibu adalah juga mulia di dalam Islam sebagaimana firman ALLAH Azza wa Jalla:

“Dan Kami memerintahkan kepada manusia supaya ia berbuat baik kepada kedua ibu-bapanya, ibunya mengandungkan dia dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah.”
(QS. Al Ahqaf : 15)

So,, Hal apalagi kah yang menghalangi seorang wanita yang tidak ingin menjadi Istri Shalihah yang di unggulkan dan diidamkan suami.?

Iklan

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Kutipan | Pos ini dipublikasikan di Fatwa-Fatwa Wanita, Serambi - Serambi Islami dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Menjadi Istri Unggulan Dan Di Idamkan Suami

  1. Nur Irawan berkata:

    wah para calon istri harusnya baca artikel ini, biar jadi istri idaman suami

    Disukai oleh 1 orang

  2. Desfortin berkata:

    Dari kmrin sy nunggu, akhirnya postingan ini terbit jg. Biar adil gitu loh, hehe…

    Good tips. Thanks

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s