11 Tips Agar Menjadi Suami Unggulan

image

Assalamu’alaykum wa rohmatullahi wa baarokatuh.

Rasulullah Nabi Muhammad Saw berkata:
โ€œSesungguhnya yang termasuk golongan mukmin yang paling sempuma imannya ialah mereka yang baik budi pekertinya dan mereka yang lebih halus dalam mempergauli keluarganya (isteri anak-anak dan kaum kerabatnya).”

Sahabatku fillah yang baik!
Hanya sekedar berbagi tips dan mengingatkan bukan untuk mengajari. Semoga bermanfaat buat anda para suami, dan yang mau menjadi suami khususnya saya pribadi.. ๐Ÿ˜Š.
ย ย  Sahabatku fillah, Kewajiban kita( kita?ย ย  Lu aja kali gue belum!ย  ๐Ÿ˜Š)ย  terhadap istri bukan hanya dibatasi pada memberi nafkah lahir, mis: menghasilkan uang dan mendukungnya secara finansial. Tapi seorang istri juga sangat membutuhkan yang namanya cinta dari suami, dukungan emosional dan nafkah batin!
ย ย  Yang sudah beristri atau telah menjadi suami dan telah memiliki anak mungkin “jauh” lebih tahu dari saya.. ๐Ÿ˜ƒ
Ini adalah reziko dari seorang pendakwah, selain memberi nasehat pada dirinya pun memberi nasehat pada orang yang jauh lebih tua darinya…

ALLAH Azza wa Jalla berFirman dalam Al Qur’anย  yang artinya:
โ€œDan gaulilah mereka (isteri-isterimu) dengan cara sebaik-baiknya.โ€
(QS.An Nisa :19)

“Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban menurut cara yang baik akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan atas isterinya.โ€
(QS.Al Baqarah : 228)

Dianjurkan bagi seorang suami memperhatikan isterinya (mengingatkannya dengan nada yang lembut/halus) dan menafkahinya sesuai kemampuannya dan berlaku tabah (jika disakiti oleh isterinya) dan bersikap halus kepadanya dan mengarahkannya ke jalan yang balk dan mengajamya hukum-hukum agama yang perlu diketahui olehnya seperti bersuci, haid dan ibadah-ibadah yang wajib atau yang sunnah.

ALLAH Tabaaroka wa Taala berfirman yang bermaksud:
“Hai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu dan ahli keluargamu dari api Neraka.โ€
(QS.At Tahnm : 6)

Ibnu Abbas berkata:
โ€œBerilah pengetahuan agama kepada mereka dan berilah pelajaran budi pekerti yang bagus kepada mereka.”

Nah dari hadist Rasulullah dan beberapa anjuran dalam Al Qur’an tentang pentingnya berbuat baik terhadap istri, menafkahi serta mendidik keluarga maka dapatlah penjabaran menjadi Tips-Tips sederhana agar dapat menjadi “Suami Unggulan Istri” dalam keluarga harmonis nan romantis serta penuh Rahmat ALLAH.

1. Berdandan

Sebagai “gaun” untuk istrimu harus selalu terlihat bersih dan harum. Sama seperti istri yang ingin setia dan selalu terlihat baik untuk suami, maka istri anda, dia juga ingin suaminya selalu berdandan untuknya juga. Misalnya selalu terlihat gagah menjaga penampilan untuk istri jika dirumah dan selalu memakai wangi-wangian.
(beberapa suami hanya berdandan saat mereka pergi keluar rumah saja, hal itu bukan praktik yang baik.Seorang suami harus berdandan untuk istri saat berada di rumah, itu akan membuat seorang istri selalu merasa istimewa.)

2. Panggilan Sayang

Beri nama lain untuk istrimu. Apa kesan namanya akan lucu atau bagaimana untuk istrimu tapi nama itu sebagai penggilan sayang anda buat istri. Rasulullah SAW memberi julukan tersendiri untuk istri-istrinya. Aisah RA di julukinya “Humairah” yang berpipi merah.ย  Panggil istri anda dengan nama yang paling disukainya, dan hindari menggunakan nama yang menyakiti perasaan mereka.

(Ingat, anda adalah kekasih satu-satunya istri anda, dan satu-satunya sahabatnya.ย  Dia tidak pergi mencari kekasih lain dan dia hanya berbagi hubungan halal dengan anda.ย  Mencintainya tanpa syarat dan karena ALLAH ,itulah cinta yang diinginkannya.

3. Hargai Setiap Tindakannya

Selalu memberikan perhatian yang lebih kepada setiap tindakan dan pekerjaan rutinnya. Kalo perlu sering-seringlah memuji istri anda. Atau seperti ini jika melihatnya terlalu sibuk bekerja dirumah, hampiri dan nasihati, “sayang jangan terlalu sibuk,istirahatlah biar saya yang selesaikan”..ย  haha…
Tujuannya agar sang istri selalu merasa diperhatikan dan dihargainya kesibukannya. Paling berbahagia jika anda turut membantunya.

(Setiap kali ada pertengkaran atau perselisihan, ingat semua hal yaeng dia lakukan untuk anda, dia memasak untuk anda, dia mengurus rumah anda, dia mengurus anak-anak anda dan yang penting adalah dia menjaga kerendahan hatinya. Jangan marah dengan dia . Jika dia kesal dengan anda ,Tahan dia dan katakanlah anda “sangat mencintainya”. Hanya cintamu yang dapat mengusir kemarahannya.

4. Tetap Diam Dan Tenang

Jika anda melihat kesalahan dari istri anda, cobalah bersikap diam dan tenang dan jangan berkomentar!
Ini adalah salah satu cara Rasulullah SAW yang digunakan saat dia melihat sesuatu yang tidak pantas dari istrinya.ย  Ini adalah teknik yang sedikit dikuasai pria muslim.

(Jangan mengkritik dan menegurnya sepanjang waktu Percayalah dan percayalah atas keputusannya . Jika dia melakukan sesuatu yang tidak anda sukai, atau hal itu bertentangan dengan ajaran Islam, lakukanlah dengan lembut.)

5. Tersenyum

Senyumlah selalu pada istrimu kapan pun anda melihatnya dan sering-seringlah merangkulnya. Tersenyum adalah Sadaqah dan istrimu tidak dikecualikan dari umat Islam. Bayangkan hidup dengan dia ,yang terus-terus melihat anda selalu tersenyum kepadanya.
Rasulullah SAW pernah mencium isteinya sebelum berangkat ke Masjid, bahkan jika dia sedang berpuasa.

( Istri anda ingin tahu betapa anda sangat bahagia dan penuh berkah telah memilikinya) . Jadi jagalah dia ,buat perasaannya selalu merasa aman setelah bersama anda. Jika dia lelah setelah seharian sibuk mengurus rumah tangga, hargai dia dan ucapkan terima kasih untuk tugas mengurus semuanya sepanjang hari .. Jika tidak terlalu lelah, bawalah dia pergi keluar untuk melihat indahnya bintang-bintang dilangit malam)ย  . Sangat Romantis!

6. Pujilah dan Akui Semua Tindakannya

Terimalah untuk semua yang dia lakukan untuk Anda. Kemudian ucapkan terima kasih !
Dia membuat makanan, membersihkan rumah, dan selusin tugas lain untuk diselesaikan.
Dan terkadang satu-satunya pengakuan yang diterimanya adalah : “sup yang dibuat kok kurang garam? “. Jangan biarkan hal itu terjadi!

(Tuliskan catatan terima kasih untuk dia dan letakkan catatan-catatan itu di dalam buku-bukunya, tasnya, kaus kakinya, dan hal lain yang menjadi miliknya. Anda dapat menggunakan kreativitas anda sendiri untuk berterima kasih padanya.Anda dapat berterima kasih padanya dengan menulis sesuatu di cermin dengan lipstiknya, sehingga dia bisa membacanya saat bangun tidur di pagi hari. Anda juga bisa berterima kasih padanya dengan mengatur makan malam menyalakan lilin di rumah., Anda menjadi juru masak dan biarkan dia beristirahat. Makan malam romantis yang menyenangkan di rumah itu jauh lebih baik daripada makan malam diluar. Apalagi dengan cara ini beberapa orang telah menyelamatkan diri dari banyak fitnah.
Anda dapat berterima kasih padanya dengan menulis surat dan emailnya. Ingat, dalam Islam, setiap hari itu istimewa. Jadi, rayakanlah hari jadi anda setiap hari.
Rutinlah memberinya hadiah, dan hadiah tidak mesti harus mahal. Jadilah kreatif! Anda tidak perlu memberinya Mawar, anda juga bisa memberinya daun!๐Ÿ˜Š
ย ย  Jadi ingat, hadiah yang bijaksana dan kreatif membuat istri merasa aman dan bahagia.ย  Memesan pizzaย  untuknya, mintalah restoran untuk memotongnya dalam bentuk hati dan memberinya catatan pribadi.
Seorang wanita paling suka saat suaminya memberikan perhatiannya.
Jika anda mengunjungi orang tuanya atau orang tua anda, pegang tangannya dan beritahu orang tua anda betapa bahagianya anda setelah menikah dengannya. Berikan istri anda sebuah buku Islam sebagai hadiah setelah sholat Tahajjud. Gunakan imajinasi anda dan pikirkan hadiah unik. Ingat, dia tidak membutuhkan berlian, dia membutuhkan ketulusan dan hatimu, jadi selalu beri dia hadiah yang bijaksana.)

7. Sepuluh Berkah Dari ALLAH

Mintalah dia menuliskan sepuluh hal terakhir yang anda lakukan untuknya yang membuatnya bahagia. Lalu pergi dan lakukan lagi. Mungkin sulit untuk mengenali apa yang membuat istri anda senang. Cukup kerjakan dan mengulangi hal-hal yang membuat istri anda itu bahagia.

(Juga mintalah dia untuk menuliskan hal-hal yang anda lakukan yang tidak dia sukai, atau hal-hal yang anda lakukan yang membuatnya tidak bahagia. Cobalah untuk tidak melakukan hal-hal itu dikedepannya. Jika dia jatuh sakit, biarkan dia berbaring, dan bacalah surah yang berbeda Dari Al Qur’an sambil meletakkan tanganmu di dahinya. Ini gunanya seorang suami itu setidaknya seorang hafidz atau hafalannya banyak.ย  Alhamdulillah, ,ย ย  gue banget… ! hhhahhaย ย  ๐Ÿ˜.ย 
Ingat, seorang istri sangat membutuhkan suaminya saat dia tidak enak badan. Perhatian:ย  istri yang sehat membuat keluarga juga sehat. Jangan berharap terlalu banyak darinya saat dia sakit.)

8.ย Validasi Perasaannya

Jangan meremehkan keinginannya. Kenyamanan dia. Terkadang orang-orang mungkin memandang sepele saja permintaan istri mereka. Rasulullah SAW memberi contoh bagi kita dalam sebuah kejadian ketika Safiyyah RA menangis karena dia telah menempatkannya pada seekor unta yang lamban. Dia menyeka air matanya, menghiburnya, dan dengan sendirinya, beliaulah yang membawa unta itu.

(Jika ada saat yang menyedihkan, berikan pundakmu untuknya menangis. Tahan dia dan katakan padanya bahwa semuanya akan baik-baik saja. All Izz Well.ย  Kayak filmnya Aamir Khan ya.. ๐Ÿ™‚
ย 

Ingat, seorang wanita tidak suka menangis sendirian di pojok. Dia membutuhkan seseorang untuk memeluknya saat dia sedih, jadi jangan biarkan dia merasa kesepian. Ingatkan dia ayat-ayat Al Qur’an yang berbicara tentang Kesabaran dan Kesalehan.)

9. Bersenang-senanglah!

Jadilah humoris dan mainkan permainan dengan istrimu. Yang penting bisa membuatnya terhibur. Main tebak-tebakan atau main petak umpet. Main kejar-kejaran ditaman. Kejar daku-kejar daku, biar aku kau tangkap.ย  Mirip judul film dan lagu ya.. haha…
Seorang istri sangat menghargai jika suaminya membuat dia tersenyum. Anda dapat bermain dengan berbagai permainan lainnya di rumah Bermain dengan krayon, atau bertengkar bantal . Pikirkan permainan yang berbeda yang dapat Anda berdua mainkan. Biarkan dia menang kadang-kadang!

Kapan terakhir kali anda melakukan seperti itu?ย  Hayo ngaku…ย 

(Rasa humor memainkan peran yang sangat penting dalam hubungan perkawinan) Kebanyakan wanita ingin memiliki suami yang memiliki selera humor yang baik. Katakan padanya lelucon yang layak dan sederhana yang membuatnya bahagia.)

10. Buatlah Hal-Hal Baru

Mengadopsi hobi yang menarik, seperti membaca, memasak bersama dan berkebun .
Cobalah menanam mawar yang eksotik di taman rumah anda dan disaat bunga mawar pertamanya mekar, bawalah dia ketaman itu dan tunjukkan kepadanya sebagai hadiah anda untuknya.

Cobalah cari sesuatu yang menarik minatnya lagi. Seperti, cobalah cari berita tentang jilbab. Temukan berita tentang wanita muslimah untuknya.)

11. Jadilah yang Terbaik

Selalu ingat kata-kata Rasulullah saw.: “Yang terbaik dari kalian adalah mereka yang memperlakukan keluarga mereka dengan sebaik-baiknya. Dan saya adalah yang terbaik di antara kalian untuk keluarga saya.”

Cobalah untuk menjadi yang terbaik! Kesimpulannya: Jangan pernah lupa untuk selalu berdo’aย  kepada ALLAH untuk kelanggenan pernikahan kalian.
Dan ALLAH ta’ala tahu mana yang terbaik!

(Dan sekali lagi: istri anda adalah teman terbaik anda, dan kekasih anda, bagikan semuanya dengan dia. Ingatlah bahwa dia adalah pakaian anda dan anda adalah pakaiannya.ย  Tutupi dan jangan pernah ungkit kesalahan -kesalahannya karena akan membuatnya tersinggung dan sedih. Belajarlah untuk saling memaafkan.ย  Perbanyak berkomunikasi dengannya.
Hormati orang tuanya dan tunjukkan cintamu kepada keluarganya. Ini akan menginspirasi dia untuk mencintai dan menghargai keluarga anda. Jika keluarganya bukan muslim, didiklah mereka dengan cara yang indah.)

Luangkan banyak waktu untuk berdoa kepada ALLAH Azza wa Jalla. Pimpin dia dalam doa. Selalu menjadi imam disepertiga malamnya. Tidak ada yang lebih baik daripada berdoa bersama. Ingatlah ALLAH, agar ALLAH mengingatmu.

Semoga ALLAH memberkati kita dan membimbing kita semua.
Aamiin!

Moga bermanfaat untuk khususnya pribadiku agar kelak bisa menjadi suami yang diunggulkan istri.

“Akan ku bacakan setiap malamnya Surah Ar Rahman untuk istriku sebagai persembahan tiap malamku kepadanya”

10 tips diatas diambil dari makalah berbahasa uzbekistan atas nama Muhammad el shareef. Diterjemahkan langsung oleh penulis. Setelah melakukan beberapa kali revisi dan menambahkan serta mengembangkannya dengan kata kata penulis sendiri pun masih berdasar dari Al Qur’an dan Al Hadist.
Maka jadilah 11 Tips Agar Menjadi Suami Unggulan. Sesuai dengan tanggal 11 Muharram 1439 H.

Wassalam

Makassar,
11 Muharram 1439 H
1 oktober 2017

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di Inspiratif, Serambi - Serambi Islami dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke 11 Tips Agar Menjadi Suami Unggulan

  1. Desfortin berkata:

    Pas baca bagian akhirnya, saya jd lega krn ada sumber tipsnya, ๐Ÿ˜„, tp 11 tips loh, bkn 10.

    Keren tips nya, dan yg nomer 9 itu btul, walau jarang dilakukan sbgian pasangan, pdhal seru emang, haha….

    Oya, anda ini seorang da’i ya, pntesan islami bnget postingannya…

    Suka

    • Arung Wahyu berkata:

      Haha.. iya ini artikel berbahasa uzbek. Ada 10 tips, tp setelah diartikan ada bagian kata-kata yg sdkit gak kena. Jd sy ganti kata-katax sekllian menambahkanx tp ttp berjalur dgn pengalaman yg lihat dan tentux ttp bedasar pd kitabullah dan as sunnah…

      โ†’ bersenang-senanglah
      cari permainan seru yg penting bukan main domina atau joker ya .. haha.. sebab biasa2 wanita gak suka permainan2 kartu ini..
      saya sbnrx pengen mempraktekkan tips diatas, tapi Alhamdulillah,, sy belum menikah… haha

      Sbnrx diblg dai jg boleh, sy berasal dr keluarga dgn cultur religius.
      Tp syg sekali, didaerahku sejak sy msh SMA sy “merasa” di intimidasi oleh lingkungan. Tp, diluar daerah saya justru sebalikx. Sy bahkan pernah diberi amanah menjadi Imam masjid di kota sinjai selama 2 tahun.

      Terima kasih..๐Ÿ˜Š

      Suka

  2. momo taro berkata:

    Adem bener

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s