Suku Uighur Adalah Muslim

Siapakah orang Uighur?

Wilayah Xinjiang di China barat memiliki sejarah perselisihan yang panjang antara otoritas China dan etnis minoritas Uighur.

image

Orang Uighur adalah Muslim. Keturunan dari Klan Turki.. Mereka menganggap diri mereka secara kultural dan etnis dekat dengan negara-negara Asia Tengah.
Perekonomian kawasan ini telah berabad-abad berputar seputar pertanian dan perdagangan, dengan kota-kota seperti Kashgar berkembang sebagai hub di sepanjang Jalan Sutera yang

image

te

rke

nal

.

Pada awal abad ke-20, orang-orang Uighur secara singkat mendeklarasikan kemerdekaan. Wilayah ini dibawa di bawah kendali penuh komunis China pada tahun 1949.
Xinjiang secara resmi ditunjuk sebagai daerah otonom di Cina, seperti Tibet di selatannya.

Apa keluhan mereka?

Beijing menuduh orang Uighur yang diasingkan termasuk Rebiya Kadeer karena mencambuk masalah
Aktivis mengatakan kebijakan pemerintah pusat secara bertahap membatasi kegiatan keagamaan, komersial dan budaya Uighur. Beijing dituduh mengintensifkan tindakan keras setelah demonstrasi jalanan di Xinjiang pada 1990-an, dan sekali lagi menjelang Olimpiade Beijing di tahun 2008.
Selama dekade yang lalu, banyak orang Uighur yang terkenal telah dipenjara atau mencari suaka di luar negeri setelah dituduh melakukan terorisme. Imigrasi massal orang Han ke Xinjiang telah membuat orang Uighir menjadi minoritas di Xinjiang.
Beijing dituduh membesar-besarkan ancaman dari separatis Uighur untuk membenarkan represi di wil

image

ayah te

rse

but.

Muslim Uighur mengeluh setelah adanya ultimatum dari pemerintah Cina:   bahwa semua kegiatan keagamaan Muslim Uighur dibatasi. Mulai dari pembatasan Sholat 5 waktu, Puasa dan ibadah lainnya.

Apa pandangan dari Beijing?

Beijing telah menuangkan investasi ke Xinjiang, namun juga telah membanjiri daerah tersebut dengan petugas keamanan.
Pemerintah pusat China mengatakan militan Uighur melakukan kampanye kekerasan untuk sebuah negara merdeka dengan merencanakan pemboman, sabotase dan kerusuhan sipil.
Sejak serangan 9/11 di AS, China telah semakin menggambarkan separatis Uighurnya sebagai pembantu al-Qaeda, dengan mengatakan bahwa mereka telah menerima pelatihan di Afghanistan. Sedikit bukti telah dihasilkan untuk mendukung klaim ini.
Lebih dari 20 orang Uighur ditangkap oleh militer AS setelah invasi ke Afghanistan. Mereka dipenjara di Teluk Guantanamo selama bertahun-tahun tanpa dituduh melakukan pelanggaran dan sebagian besar sekarang telah dipindahkan ke tempat lain.

Kapan terjadi wabah kekerasan terakhir?

Wanita Uighur memprotes dalam upaya untuk menemukan nasib orang yang mereka cintai
Hampir 200 orang tewas dalam kerusuhan etnis di Urumqi, ibukota administrasi Xinjiang, pada bulan Juli 2009. Salah satu percikan untuk kekerasan tersebut tampaknya adalah kematian dua orang Uighur dalam bentrokan dengan orang-orang Han di pabrik yang berjarak ribuan mil jauhnya di selatan Cina.
Pihak berwenang menyalahkan separatis Xinjiang yang berbasis di luar China atas kerusuhan tersebut, dan mereka memilih pemimpin Uighur yang diasingkan Rebiya Kadeer, dengan mengatakan bahwa dia menghasut kekerasan tersebut. Dia menolak tanggung jawab atas kekerasan tersebut.
Orang-orang buangan Uighur mengatakan polisi melepaskan tembakan tanpa pandang bulu pada demonstrasi damai, yang menyebabkan kekerasan dan kematian.

Apa situasi saat ini di Xinjiang?

Reputasi Xinjiang sebagai pos terdepan eksotis di Silk Road yang terkenal masih menarik wisatawan mancanegara Han.
Xinjiang telah menerima investasi negara yang besar dalam proyek industri dan energi, dan Beijing sangat antusias untuk menyoroti hal ini sebagai langkah maju. Tapi banyak orang Uighur mengeluh bahwa Han mengambil pekerjaan mereka, dan bahwa tanah pertanian mereka telah disita untuk pembangunan kembali.
Kegiatan wartawan lokal dan asing dipantau secara ketat oleh negara dan hanya ada sedikit sumber berita independen dari wilayah ini.
Namun, serangan sesekali terhadap target China menunjukkan bahwa separatis Uighur tetap merupakan kekuatan potensial d

image

an berpoten

si k

ekerasan.

   

Suku Muslim Uighur adalah suku yang memiliki rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama Muslim dimanapun berada. Kasus Rohingya di Myammar menghentak jiwa Muslim Uighur. Muslim Rohingya dibantai militer dan biksu myammar, Muslim Uighur justru “bergelora semangat” untuk membela. Dan mengirim Laskar Jihadnya ke

Myammar.

image

Dilrabat Dilmurat adalah salah satu artis china dari suku Uighur Muslim

Iklan

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Kutipan | Pos ini dipublikasikan di Internasional, Suku Uighur dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Suku Uighur Adalah Muslim

  1. Desfortin berkata:

    Oya, maaf, sumber informasi bagusnya juga disertakan, mas.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s