Raja Salman: Perempuan Boleh Mengemudi!

Raja Saudi memutuskan bahwa perempuan diizinkan mengemudi.

image

Raja Saudi Salman pada hari Selasa memerintahkan agar perempuan diizinkan mengendarai mobil, mengakhiri tradisi konservatif yang dilihat oleh aktivis Hak Asasi Manusia(HAM) sebagai lambang represi kerajaan Islam terhadap perempuan.

Kerajaan, tempat kelahiran Islam, telah banyak dikritik karena menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan mengemudi, meskipun secara bertahap memperbaiki beberapa isu perempuan dalam beberapa tahun terakhir dan target pemerintah yang ambisius untuk meningkatkan peran publik mereka, terutama di angkatan kerja.

image

Saya tidak mau di demo, makanya saya memberi izin kepada perempuan untuk bisa mengendarai mobil. (Ilustrsi perkataannya mungkin seperti itu ya..)

Meskipun mencoba untuk menumbuhkan citra yang lebih modern dalam beberapa tahun terakhir, larangan mengemudi telah menjadi noda lama pada citra internasional Arab Saudi.

Keputusan kerajaan tersebut memerintahkan pembentukan sebuah badan menteri untuk memberikan nasehat dalam waktu 30 hari dan kemudian melaksanakan perintah tersebut pada tanggal 24 Juni 2018, menurut kantor berita negara SPA.

Ini menetapkan bahwa tindakan tersebut harus “menerapkan dan mematuhi standar Syariah yang diperlukan”, mengacu pada hukum Islam. Ini tidak memberi rincian, namun mengatakan bahwa sebagian besar Dewan Cendekiawan Senior, badan ulama tertinggi Arab Saudi, telah menyetujui pembelaannya.

Satu jam setelah pengumuman resmi di Arab Saudi, seorang duta besar Arab yang gembira untuk Washington. Pangeran Khaled bin Salman, mengatakan bahwa ini adalah “hari bersejarah dan besar di kerajaan kita”.

“Saya pikir kepemimpinan kita mengerti bahwa masyarakat kita sudah siap. Saya pikir ini keputusan yang tepat pada saat yang tepat, “kata duta besar tersebut.

Reaksi positif cepat mengalir masuk dari dalam kerajaan dan seluruh dunia.

Departemen Luar Negeri A.S. menyambut baik langkah tersebut sebagai “langkah besar ke arah yang benar”. Presiden Donald Trump memuji keputusan tersebut, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah yang menjanjikan dukungan A.S. untuk sebuah rencana yang diumumkan Kerajaan Inggris tahun lalu untuk reformasi ekonomi dan sosial.

image

“Ini adalah langkah positif untuk mempromosikan hak dan peluang perempuan di Arab Saudi,” kata pernyataan Gedung Putih tersebut. “Kami akan terus mendukung Arab Saudi dalam upayanya untuk memperkuat masyarakat Saudi dan ekonomi melalui reformasi seperti ini dan implementasi Saudi Vision 2030.”

Selama lebih dari 25 tahun, aktivis perempuan telah berkampanye untuk diijinkan mengemudi, dengan menantang pergi ke jalan, mengajukan petisi kepada raja dan mengeposkan video di belakang kemudi di media sosial. Protes tersebut membuat mereka ditangkap dan dilecehkan.

image

Alhamdulillah, akhire kami bisa di izinkan untuk mengendarai mobil. Thank's to ALLAH..

Aktivis Manal al-Sherif, yang ditangkap pada tahun 2011 setelah melakukan demonstrasi mengemudi, turun ke Twitter menyusul pengumuman raja tersebut untuk mengungkapkan kelegaannya. “Hari ini, negara terakhir di bumi mengizinkan perempuan mengemudi … kami melakukannya”, tulisnya.

Latifa al-Shaalan, anggota Dewan Syura, badan penasehat, mengatakan bahwa keputusan tersebut akan memperkuat lapangan kerja perempuan di sektor swasta.

“Ini adalah hari bersejarah dan saya tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengungkapkan perasaan dan perasaan ribuan wanita Saudi,” katanya di Arabiya TV.

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s