NEGERI KECIL DENGAN SERIBU ANUGRAH

    

image

  Sinjai Barat adalah salah satu kecamatan yang terletak diujung barat Kabupaten Sinjai. Di Jaman dulu orang secara umum cuma mengenalnya dengan nama Manipi. Kalo penulis sendiri sedikit menamakannya dengan “barat”, biar terdengar lebih ker

image

en.

Kami orang barat, punya cara tersendiri untuk memperkenalkan “kekayaan” daerah kami kepada anda ,khususnya Kabupaten Sinjai.
“Kekayaan” yang telah dikenal luas diseluruh nusantara sebagai daerah “Bumi Panrita Kitta“. Daerah penghasil orang cerdas nan pandai, penghasil cendikia-cendikia muda yang berkualitas.
     Sebut saja salah satunya adalah:
Dr. Hardianto Rahman, M.Pd(Dekan FTIK IAIM Sinjai) yang berusia masih sangat muda,35 tahu

image

n.

Nama bapak DR.Hardianto Rahman, M.Pd, khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIM Sinjai dan alumni SMANEG 1 Sinjai Barat, memang sudah sangat tidak asing lagi sebagai sosok pribadi sederhana dan bersahaja. Beliau adalah salah satu simbol pemuda yang sukses dalam usaha pendidik yang ditekuninya dan sekaligus menjabat ketua Ikatan Pemuda Muhammadiyah Sinjai  hingga saat ini. Beliau juga sering menjadi icon atas keberhasilannya dalam mendidik generasi Muhammaddiyah pelanjut.
Atas prestasinya ini, beliau masih aktif berbagi motivasi dan edukasi, khususnya dibidang Tarbiyah dan Keguruan melalui berbagai kegiatan sekaligus memperluas jaringan dan kerjasama demi mengembangkan Perguruan Tinggi.
Kisah perjalanan beliau meniti karir dan pelajaran hidup merupakan satu bentuk totalitas pengabdian,pun pembuktian bahwa Daerah Sinjai, khususnya wilayah Barat(Sinjai Barat) adalah salah satu daerah penghasil cendekia berkualitas.!

    Bukan hanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengisi kekayaan daerah kami.  Tapi kami juga dapat memperkenalkan kekayaan-kekayaan lain yang masih “tersembunyi dan terpendam” di daerah kami yang tercinta ini ,yang dapat kami suguhkan sebagai “hidangan pembuka” jika anda sedang berkunjung di daerah kami.
     Segala macam buah-buahan yang keluar dan tumbuh ditanah kami adalah salah satu kekayaan dan anugrah terbesar yang diberikan ALLAH kepada daerah kami yang layak disyukuri.

image

      Sebagai basis penghasil buah-buahan terbesar Sul-Sel setelah Kab.Palopo,seperti Rambutan,Durian, Langsat adalah Kecamatan Tellu Limpo’e, Mannanti adalah “surga buah-buahan”.

“Tongkat kayu dan batupun jadi tanaman”. Tidak salah ungkapan ini, karena begitu suburnya bumi kami. Segala apapun ditanam bisa tumbuh dan berguna bagi kehidupan

.
   Belum lagi daerah kami telah dilimpahkan “Pohon-Pohon Penghasil Uang”, cengkeh,kopi,merica,vanili,kakao sebagai salah satu aset komoditi ekspor terbesar nasional.
   Begitu pun halnya dengan padi. Daerah kami sinjai adalah termasuk 5 besar penghasil padi teebesar di provinsi Sulawesi Selatan.
    Tidak cuma sampai disitu kekayaan daerah kami. Tapi nyaris meliputi segala sektor kehidupan sosial.
Mulai dari kebudayaan kami yang dikenal dengan Adat Tallu’a. Yang bermakna 3 tingkatan sosial yang dimulai dari:
Karaeng:   keturunan bangsawan/ raja
Puang   :  keturunan ksatria,pemangku adat
Ata         : budak, pesuruh

Obyek wisata pun yang mumpuni telah tersebar di Sulapa appa  :  barat, timur,selatan dan utara,. Dari 9 kecamatan masing-masing memiliki obyek wisata berskala nasional.

   Tidak hanya sampai disitu “kemampuan” daerah kami, dengan sumber daya alam kami yang sudah menjadi trademark tersendiri sejak dahulu kala. Tepatnya dari sektor hasil laut, adalah salah satu penghasil ikan terbesar di provinsi. Lappa!

Belum lagi Taman Batu Pake Gojeng sebagai penghias Kota,. Dari lokasi tersebut kita bisa menikmati pemandangan indah yang terhampar di Kota Sinjai, seolah menghipnotis kita. Begitu

image

Indahnya!

Dari segi bahasa, Terbagi menjadi dua. 8 kecamatan berbahasa bugis, hanya barat yang sedikit aneh dengan bahasa konjo. Tapi itu bukan menjadi perbedaan karena struktur bahasa kami yang tidak kaku dan monoton, serta ramah tamah penduduknya adalah keunikan tersendiri Daerah

image

kami.

Tak lupa pula, Minas minuman khas daerah sebagai hidangan penutup kami buat anda. Minuman khas yang bahan alaminya berasal dari bumi dan hutan daerah kami.

Tak salah kan jika Kabupaten Sinjai disebut Negeri Dengan Sejuta Anugrah!
   
“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan berikanlah rezki kepada penduduknya dari (berbagai macam) buah-buahan, (yaitu penduduknya) yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.”

Jazaakumullahu khairan katsiro wa ahzanul jazaa.

@penulis belum tentu lebih baik dari pembaca.

Arung Wahyu

Iklan

Tentang Arung Wahyu

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di Arung Wahyu, BUGINESE, Inspiratif dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke NEGERI KECIL DENGAN SERIBU ANUGRAH

  1. Desfortin berkata:

    Waw, edifikasi daerahnya pede abis, jd penasaran saya dg Sinjai. Semoga kpn2 bs ksna, entah kapan. Indonesia mmang kaya ya, bngga sy jd Indonesia.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s