KITAB-KITAB PEDOMAN MENUNTUT ILMU SYAR’I

    

image

Penuntut ilmu harus memiliki minat terhadap kitab-kitab induk yang pokok selain kitab-kitab kontemporer. Karena, sebagian penulis kontemporer tidak memilki ilmu yang mendalam. Oleh
karena itu, jika kita membaca apa yang mereka tulis akan didapati bahwa tulisan itu dangkal. Terkadang penulis
tersebut mengutip sesuatu dengan redaksinya, terkadang dia mengubah dengan ungkapan yang panjang akan
tetapi kosong dari isi atau maknanya.
Maka kita harus memperhatikan kitab induk yaitu kitab-kitab salaf. Karena dia lebih baik dan lebih barokah dibanding kitab kontemporer.

Kitab-kitab mutaakhirin dan
kontemporer pada umumnya memiliki makna yang sedikit tetapi menggunakan banyak ungkapan, kita baca satu halaman mungkin bisa di ringkas menjadi satu atau
dua baris. Namun jika didapati kitab induk pada ulama salaf begitu lembut, lunak, mudah, mantap, tidak akan kita dapati satu kata pun yang tidak memiliki makna.

Diantara kitab-kitab yang agung yang wajib diminati oleh penuntut ilmu adalah kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qoyyim Al jauziyah rahimahumullah .
Sudah kita maklumi bahwa kitab-kitab karya Ibnul Qoyyim lebih mudah dan lebih lembut. Sedangkan kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah gaya bahasanya amat kuat dengan sebab kedalaman ilmu dan
kecemerlangan otaknya.
Kadang Ibnul Qoyyim pun berbeda pendapat dengan gurunya tersebut. Ketika Syaikhul Islam berpendapat
wajibnya mengubah haji ke umroh dan Ibnu Abbas Ra berpendapat bagi jamaah haji yang tidak membawa hadyu(sembelihan) jika hendak ihram untuk
melaksanankan haji atau qirah, maka wajib untuk mengubahnya ke Umroh.
Syaikhul Islam berpendapat bahwa kewajiban itu khusus bagi sahabat.
Tentang hal ini Ibnul Qoyyim berkata, ;
“Aku lebih cenderung kepada pendapat Ibnu Abbas RA daripada pendapat guru kami.” Ucapan ini menjelaskan sikapnya yang menyelisihi pendapat gurunya. Beliau
rahimahullah bebas berpendapat, tapi kadang beliaupun mengikuti pendapat
gurunya dalam beberapa masalah.
Tidak diragukan lagi jika kita memperhatikan umumnya pendapat yang dipilih Syaikhul Islam, maka akan kita dapati bahwa secara umum pendapatnya benar. Ini adalah masalah. Yang pasti diketahui oleh setiap orang yang menelaah kitab-kitab kedua ulama ini.
 
Kitab terbagi menjadi tiga macam :

Kitab yang baik, Kitab yang jelek dan kitab yang tidak baik ataupun tidak jelek.

“Bersungguh-sungguhlah wahai para penuntut ilmu agar koleksi buku atau perpustakaan pribadimu kosong dari kitab/buku yang tidak mengandung
kebaikan didalamnya atau bahkan terkandung kejelekan.”

Ada lagi kitab yang disebut dengan kitab sastra tetapi bisa menyita dan menghabiskan waktu  tanpa faedah. Ada lagi kitab berbahaya yang mengandung pemikiran-pemikiran dan tujuan tertentu. Kitab ini pun jangan sampai kita masukkan ke dalam koleksi pribadi, baik yang menyangkut manhaj ataupun aqidah.
Seperti kitab-kitab ahli bid’ah yang membahayakan aqidah dan kitab-kitab
revolusioner yang membahayakan manhaj.
Secara umum, setiap kitab yang membahayakan maka janganlah dimasukkan kedalam perpustakaan
koleksi pribadi karena kitab adalah ibarat nutrisi bagi ruh/jiwa seperti makanan dan minuman bagi badan, maka jika kita mengkonsumsi kitab-
kitab seperti itu, kita akan mendapat mudharat yang besar dan akan mempunyai pandangan yang menyimpang dari manhaj penuntut ilmu yang benar.

Wallahu’alam bisshowwad

Kitab-kitab bagi Penuntut Ilmu.

Kitab Aqidah
1.Kitab Tsalaatsatul Ushuul (Tiga landasan Utama)
2.Kitab Al Qowaiaidul Arba (Empat kaidah)
3.Kitab Kasyfusy Syubuhat  (membongkar syubhat)
4.Kitab At Tauhid
      Semuanya adalah tulisan dari Imam Muhammad  bin Abdul Wahab rahimahullah.

1.Kitab Al Aqiidah Al Washithiyyah,
yang mencakup tauhid Asma Wa Shifat.
Inilah kitab terbaik  dan kitab ini  amat penting untuk dibaca dan dipelajari (berulang-ulang)
2.Kitab Al Hamawiyah
3.Kitab Tadmuriyyah
Ketiga kitab di atas  ditulis oleh Syaikhul islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.

1.Kitab Al Aqiidah Ath Thahaawiyyah, karya Syaikh Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad Ath Thahawi rahimahullah
2.Kitab Syarh Al Aqiidah Ath Thahawiyah karya Abul Hasan Ali bin Abil Izz rahimahullah
3.Kitab Ad Durarus Saniyyah fi Ajwaibah An Najdiyyah,
karya Syaikh Abdurrahman bin Qosim rahimahullah.
4.Kitab Ad Durratul
Mdhiyyah fi Aqidatil Al Firqah Al Mardhiyyah, karya
Muhammad bin ahmad As Safarini Al Hambali, namun ada beberapa point
yang menyimpang dan madzab salaf dalam kitab ini, oleh karena itu perlu penjelasan dari seorang Syaikh yang memahami manhaj salaf dengan benar
agar mampu menjelaskan point-point yang menyimpan.
 
Kitab Hadits
1.Kitab Fathul Baari Syarh Shahiih al Bukhori, karya Ibnu Hajar Al Atsqolani rahimahullah
2.Kitab Subulus Salam Syarh Bulughul Maram, karya Ash
Shan’ani rahimahullah , kitab ini memadukan antara kitab hadits dan fiqih
3.Kitab Nailul Authar Syarh Muntaqaa Al Khbaar, karya Asy Syaukani rahimahullah
4.Ktab Umdatul Ahkam karya Abdul Ghoni Al Maqdisi rahimahullah. Ini adalah kitab yang ringkas dan sebagian besar haditsnya terdapat dalam kitab shahihain (Shahih Al Bukhori dan Muslim) sehingga keshahihannya tidak perlu dibahas.
5.Kitab Arba’in An Nawawiyah, karya Abu Zakariya An Nawawi rahimahullah. Ini adalah kitab yang baik,karena
didalamnya terkandung adab dan manhaj yang baik serta kaidah-kaidah yang sangat bermanfaat.
6.Kitab Bulughul Maram, karya AL Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqolani rahimahullah , Ini adalah kitab yang bermanfaat terutama beliau menyebutkan perawi dan menerangkan pula orang yang menshahihkan dan mendhaifkan hadits dan memberi komentar terhadap hadits-hadits itu.
7.Kitab Nukhbatul Fikr karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsaqolani rahimahullah yang dianggap mencukupi. Bila seorang penuntut ilmu memahaminya secara sempurna maka hal ini akan
membuatnya tidak memerlukan kitab lain dalam ilmu mustholah hadits. Ibnu
Hajar rahimahullah memiliki metode yang baik dalam menyusunnya baik pokok dan terbagi (cabang). Maka
seorang penuntut ilmu akan
bersemangat jika membacanya karena dibangun berdasar pemikiran,dan saya ( Syaikh Al Utsaimin) katakan :
Amat baik bagi penuntut ilmu untuk menghafalnya karena merupakan ringkasan yang amat bermanfaat dalam ilmu musthalah.
8.Kitab yang enam ( Kutubus Sittah)
yaitu Shahih Al Bukhari,Shahih Muslim,Sunan An Nasai, Sunan Abi Daud, Sunan Ibnu Majah, Sunan At Tirmidzi. Di nasihatkan agar para penuntut ilmu banyak membaca kitab-
kitab ini karena didalamnya terkandung dua faedah : pertama, Merujuk pada hal yang pokok. Kedua , mengulang-ulang nama-nama perawi dalam ingatannya.
Jika kita mengulang-ulang nama perawi, hampir tidak pernah dalam sanad manapun yang tidak bertemu dengan salah seorang rawi Al Bukhori misalnya,maka akan lebih dikenal bahwa dia adalah rawi Al bukhori, dan dia bisa mengambil faedah dalam ilmu hadits ini.
 
Kitab Fiqih
1.Kitab Aadabul Masyyi Ilaash Shalaah, karya Syaikhul Islam
Muhamamd bin Abdul Wahab rahimahullah
2.Kitab Zaadul Mustaqni fii Ikhtishaaril Muqni’ karya Al Hijawi rahimahullah dan ini adalah sebaik-baik matan dalam ilmu fiqih dan merupakan kitab yang ringkas dan padat. Sebagian besar Ulama telah mengisyaratkan untuk menghafalnya,meskipun telah menghafal matan Daliiluth Thaalib.
3.Kitab Umdatul Fiqh, karya Imam Ibnu Qodamah rahimahullah.

Kitab Faraaidh
1.Kitab matan Ar Rahabiyyah, karya Ar rahabi.
2.Kitab matan Al Burhaniyyah, karya Muhammad Al Burhany rahimahullah. Ini adalah kitab yang ringkas, bermanfaat dan mencakup masalah faraa’idh. Disini akan terlihat bahwa Al Burhaniyyah lebih baik daripada Ar Rahabiyyah, karena kitab Al Burhaniyyah lebih lengkap.

Kitab Tafzir
1.Kitab Tafsiir Al Quran Al Azhiim, karya Ibnu Katsir rahimahullah . Ini adalah kitab yang bagus dalam masalah tafsir dengan atsar (riwayat), bermanfaat dan aman, namun kandungan Irob dan balaghohnya sedikit.
2.Kitab Taiisirul Kariimir rahmaan fii Tafsiir Kalaamil Mannan, karya Syaikh Abdurrahman As Sa’di rahimahullah. Ini adalah kitab yang bagus,mudah difahami dan aman. Disarankan untuk dibaca dan dipelajari.
3.Kitab Muqoddimah Syaikhul Islam fii Tafsiir , dan ini adalah muqoddimah yang penting dan bagus dalam ilmu tafsir.
4.Kitab Adhwaaul Bayaan, karya Al Allamah Muhammad Asy Syinqithi rahimahullah. Ini adalah kitab yang memadukan antara hadits, fiqih, tafsir dan ushul fiqh.
 
Kitab Umum dan  beberapa disiplin Ilmu :
1.Dalam ilmu nahwu, Kitab Matan Al Aajurumiyyah, ini adalah kitab
nahwu yang ringkas dan padat.
2.Dalam ilmu nahwu, Kitab Alfiyah Ibni Malik, ini adalah kitab ringkasan dari ilmu nahwu.
3.Dalam masalah Sirah (perjalanan hidup/sejarah) Kitab terbaik saat ini adalah Zaadul Ma’aad karya Ibnu Qoyyim Al jauziyah rahimahullah .
Kitab ini sangat bermanfaat yang menerangkan sejarah Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam dalam segala aspek kehidupan, kemudian
diterangkan aspek hukumnya.
4.Kitab Raudhatul Uqalaa’, karya Imam Ibnu Hibban Al Busti rahimahullah.
Meskipun ringkas, kitab ini adalah kitab yang amat berfaedah dan banyak
menghimpun pelajaran dari kisah-kisah ulama, Ahli hadits dan yang lainnya.
5.Kitab Siyar Alammin Nubalaa’, karya Imam Azd Dzahabi rahimahullah.
Kitab ini memiliki faedah yang amat banyak dan banyak mengandung pelajaran yang harus dibaca dan dipelajari oleh para penuntut Ilmu.
 
Wallahu’alam
Semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekaligus penyunting naskah terakhir dari sumber yang ada.
Jazaakumullahu khairan katsiro wa ahzanul jazaa..

Iklan

Tentang Arung Wahyu

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di ILMU FIQIH dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s