INI SINJAI ATAU JAKARTA ?

   Kota Sinjai, beginilah nama dari salah satu Daerah Tingkat II dalam Provinsi Sulawesi Selatan. Meskipun wilayah Ibukota Kabupaten Sinjai ini sangat kecil, tapi letaknya yang sangat strategis menjadikannya sebagai salah satu akses yang memanjakan” menuju lokasi-lokasi wisata yang berada di Kabupaten sekitarnya. Lihat saja disebelah Utara Kota Sinjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Bone yang notabene memiliki segudang obyek wisata. Disebelah timur secara beruntung ada Kabupaten Bulukumba dengan “Tanjung Bira-nya” ,Bantaeng kota yang indah serta disebelah barat ada Kabupaten Gowa dengan Malino sebagai “Trademark-nya”.

image

       Tapi kali ini saya tidak sedang membawa anda untuk menikmati obyek wisata dari beberapa tempat yang saya sebutkan itu,melainkan akan memperkenalkan kepada anda salah satu ciri khas dari Kota Sinjai.
    Bagi anda yang asli Kota Sinjai atau yang sudah pernah berkunjung pastinya sudah faham maksud saya. Tapi ini buat anda yang belum pernah ke Kota Sinjai dan punya rencana liburan di kota ini.
Yeahhh,,
Pepatah mengatakan “dimana bumi dipijak disitu ada langit dijunjung”.
Selain kota ini dikenal dengan senyum ramah tamah ,sopan nan santun penduduknya, hal yang dijadikan keunikan dan ciri khas tersendiri dari Kota Sinjai adalah dialek bahasa ibu-nya.
   Bahasa yang digunakan adalah bahasa bugis, pun dialek bugis tapi nyaris setiap interaksi percakapan sehari-hari menggunakan tambahan kata “LO”.
Kata lo disini penyebutannya hampir sama dengan yang di Tanah Abang cuma makna berbeda. Kadang di Tanah Abang diucapkan Lu(kamu,kau,anda) kadang juga diucapkan dengan Lo(kau,kamu,anda). Cuma beda huruf aja ya..
Tapi di Kota Sinjai penggunaan lo bukan sebagai kata ganti orang pertama tunggal tapi sebagai kata penjelas. Boleh juga kata lo ini cuma sekedar hiasan kata-kata. Tapi namanya sudah menjadi ciri khas, maka kata lo ini dalam percakapan sehari-hari selalu menjadi “bumbu” tersendiri dalam komunikasi fomal dan non formal.
Mis: iga asetta lo?  (Siapa nama kamu)
Darimanaki pale lo ( anda dari mana)
Tinggal dimanaki lo(tinggal dimana).

image

   Sebenarnya kata lo ini juga hampir mirip dengan lho yang umum kita kenal.
Tapi namanya ciri khas, terkadang orang yang baru masuk Kota Sinjai kebingungan bahkan terheran-heran dengan ciri khas bahasa Sinjai.
Banyak yang mengatakan ” ini Sinjai atau Jakarte ya?
,ada juga yang mengatakan ” Sinjai rasa Jakarta”.

Mari kita jaga keunikan dan ciri khas daerah kita !

Tentang Sayyid Istighfar

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di BUGINESE dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke INI SINJAI ATAU JAKARTA ?

  1. Desfortin berkata:

    Hmpir tiap bhs punya kata2 sprti itu, sbgai pelengkap atau bumbu2 kalimat. Unik mengetahui klau Sinjai punya kata ‘lo’ itu

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s