Sistematika Ilmu Fiqih Dasar

Pengantar Kata Penulis

Alhamdulillah dengan Karunianya tulisan ini terselesaikan. Sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasul Pilihan yang telah membawa kita umatnya dari alam kegelapan menuju alam terang cemerlang penuh Rahmat.

     Sistematika Ilmu Fiqih Dasar sangat penting bagi siapa saja yang berkecimpung dalam fiqh,karena dalam sistematika fiqih ini terdapat banyak kaidah yang akan banyak memberikan kemudahan dalam menguasai Ilmu Fiqih serta akan mempercepat  penyelesaian segala permasalahan fiqhiyah.

   Untuk itu saya dengan segala keterbatasan yang ada mencoba menghimpun beberapa kaidah fiqih dalam Sistematika Ilmu Fiqih Dasar berikut contoh dan penerapannya yang saya ambil sebagian besar dari buku Kaidah-Kaidah FIQIH-nya Uztad Syamsul Ma’arif ,semoga ALLAH Azza Wa Jalla selalu melimpahkan Rahmat dan Barokah ilmu kepada beliau beserta keluarganya dan siapa saja pembaca tulisan dalam blog ini.

Muqaddimah

Pengertian Sistematika Ilmu Fiqih Dasar
Sistematika Ilmu Fiqih Dasar adalah suatu sistem keilmuan tentang kaidah fiqih yang mencakup standart hukum dalam setiap aturan yang bersifat secara umum sehingga dapat diketahui dengan mudah sesuai aturan aturan dalam Syariat .

Kegunaan Sistematika Ilmu Fiqih Dasar

  • Mempermudah dalam menguasai materi hukum, karena sistematika ini menghimpun kaidah yang telah banyak dijadikan patokan yang mengcakup banyak persoalan sehingga dengan menguasai satu kaidah dalam sistematika ini saja sudah bisa menyelesaikan beberapa permasalahan yang kita dapati.
  • Membantu memecahkan dan menyelesaikan polemik dan persoalan yang sering diperdebatkan.
  • Mempercepat dan mempermudah penyelesaian segala permasalahan fiqiyyah.

Sumber Sistematika Ilmu Fiqih

   Seperti yang telah tertulis dalam pengantar kata bahwa sebagian besar isi dari Sistematika Ilmu Fiqih Dasar bersumber dari buku Kaidah-Kaidah Fiqih uztad Syamsul Ma’arif

Cara Mempelajari Fiqih

  • Mempelajari dan jika perlu menguasai Fiqih Dasar(ta’rif,syarat,rukun dll)
  • Memperbanyak hafalan ayat dan hadist dan memahaminya
  • Menghafal Sistematika Ilmu Fiqih Dasar yang didalamnya terdapat Kaidah Fiqih serta menerapkannya.
  • Memahami Ushul Fiqih
  • Memahami Hikmatul Tasyri’
  • Memperbanyak meluangkan waktu dalam mempelajari Sistematika Ilmu Fiqih Dasar
Iklan

Tentang Arung Wahyu

Saya orangnya sederhana.. Begitu pula dengan pemikiran dan tindakanku, sesederhana diriku. Aku selalu berfikir "biarkanlah sang pedang menebas waktu, sebab aku tak akan berdiri diam untuk dijadikan korban selanjutnya. "Jangan pernah katakan semua yang ada dalam fikiran kita, sebab jika itu terjadi maka kita dengan sendirinya telah merubah takdir kita berjalan semakin cepat". "Berlarilah secara melingkar, maka engkau akan kembali ketempatmu semula berpijak dimana di tempat itu aku selalu berdiri menunggumu dengan kedua sayapku terbuka untuk memelukmu kembali ".. "aku selalu merasa sedang berjalan di atas lengkungan pelangi, memang terlihat tapi saat aku menitinya ,aku selalu terjerembab dan jatuh" "Jika rindu dan cintaku kembali diberi kesempatan untuk menyapamu, maka sambut lah dia walau kedua sayapku yang tajam saat memelukmu membuatmu terluka "..
Pos ini dipublikasikan di ILMU FIQIH dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s